Cari Blog Ini

Senin, 10 September 2012

Membuat objek cangkir


Membuat objek cangkir dengan teknik substraction, union, intersection

Boolean adalah sebuah tool yang berfungsi untuk memotong/memenggal objek dengan menggunakan objek lain sebagai pemotong/pemenggal (substaction), menggabungkan beberapa objek (union), dan juga membuat objek sisa dari objek yang saling berpotongan/ beririsan (intersection).
Kali ini saya akan mencoba membagi ilmu tentang pembuatan sebuah objek cangkir dengan teknik tersebut.

  1. Bukalah lembar kerja baru, kemudian aktifkan standard primitives pada combo panel, lalu pilih cylinder, setelah itu buatlah objek cylinder pada top view dan aturlah parameternya radius-50, height=90
  1. Langkah berikutnya adalah mengkonversi objek cylinder tersebut menjadi editable poly dengan cara mengklik kanan pada objek lalu pilih convert to editable poly
  1. Kemudian pada rollout selection, pilih Vertex, aktifkan soft selection lalu ceklist use soft selection dan ubah nilai falloff=50, selanjutnya aktifkan front view kemudian drag dari titik T1 ke titik T2 untuk menseleksi objek, aktifkan select and uniform scale tool, kemudian tekan F12 pada keyboard untuk memunculkan kotak dialog scale transform kemudian ubahlah nilai pada offset:scale=80%
  1. Buatlah duplikat objek cylinder1 dengan menekan tombol CTRL+V pada keyboard, pilih copy, kemudian aktifkan select and uniform scale lalu tekan F12 kemudian ubah nilai offset:scale-90%, selanjutnya aktifkan select and move tool kemudian tekan F12 lalu ubah nilai Y=10
  1. Setelah itu aktifkan select by name tool lalu pilih cylinder01, kemudian aktifkan create tools, pilih geometry kemudian pada combo pilihlah compound object kemudian pilihlah Boolean /substraction(A-B) /klik pick operand B, kemudian klik pada objek cylinder02 untuk memotong objek pertama. Hasilnya seperti pada gambar berikut
  1. Setelah objek cangkir terbentuk hal yang harus dilakukan adalah memperhalus bagian atas dan bawah dari bibir cangkir, yaitu dengan cara mengkonversi objek tersebut menjadi editable poly lagi, lalu pilih polygon lalu klik pada bibir cangkir bagian atas kemudian aktifkan edit polygon lalu pilih bevel dan klik bagian seting bevel untuk memunculkan kotak dialog bevel polygon kemudian ubah nilai height=2 dan outline amount= -1,5
  1. Setelah bibir bagian atas cangkir diperhalus maka nonaktifkan kembali polygon selection. Langkah selanjutnya adalah anda Aktifkan top view lalu ubahlah sudut pandang menjadi view bottom dengan cara klik kanan/view/bottom, kemudian ulangi langkah 6 untuk memperhalus bagian bawah cangkir dengan nilai height=3 dan outline amount= -5
  1. Tekan tombol CTRL+D untuk menghilangkan seleksi, kemudian nonaktifkan polygon selection, bila di perlukan gunakan orbit tool untuk memutar sudut pandang objek
  2. Aktifkan front view, kemudian buatlah objek torus dengan nilai radius1=30, radius2=10,  lalu aktifkan slice on, ubah nilai slice from=-5, slice to= -200. Gunakanlah move tool untuk mengatur penemapatan objek tersebut agar sesuai
10. Ulangi langkah no.5 hanya saja perbedaan pilihan bila pada langkah 5 digunakan substraction yang berfungsi untuk memotong maka pada langkah ini gunakan fungsi union yang berguna untuk menyatukan objek

Akhirnya objek cangkir lengkap sudah dengan gagangnya, langkah terakhir adalah proses pemberian material untuk cangkir atau bisa juga penggantian warna saja.. sekian dari saya,, semoga bermanfaat yoo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar