Cari Blog Ini

Rabu, 05 September 2012

Kursi Sederhana


TUTORIAL MEMBUAT KURSI SEDERHANA DENGAN 3DMAX

3dmax adalah program yang banyak digunakan untuk urusan modeling, rendering dan animasi, pada tutorial ini akan coba membahas tentang pembuatan objek sederhana dengan 3dmax..
1.   Buatlah lembar baru, lalu pada panel aktifkan standart primitive, pilih box, lalu pada top view buatlah objek box kemudian atur parameternya dengan nilai length=50, width=50 dan height=5

  1. Selanjutnya buatlah objek kaki dengan menggunakan cylinder, kemuadian pada top view buat objek cylinder dengan parameter radius=4, height= -50

  1. Buatlah duplikat dari objek cylinder1 dengan menggunakan move tool, kemudian tekan tombol shift pada keyboard sambil mendrag objek cylinder1 kesebelah kanan, setelah itu pada kotak dialog pilih copy kemudian klik ok, kemudian untuk proses pengkopian kedua pilihlah kedua objek cylinder dengan menggunakan select by name lalu pilih objek cylinder1 &2, kemudian lakukan pengkopian hingga hasilnya seperti gambar berikut

  1. Kemudian buatlah objek box untuk sandaran dengan niali parameter length=5, width=50, height=60. Kemudian rotasilah objek dengan menggunakan icon select and rotate, kemudian isikan nilai X= -10

  1. Kemudian seleksilah seluruh objek dengan menekan tombol CTRL+A pada keyboard lalu aktifkan utilities, pilih collapse kemudian pilih collapse selected untuk menyatukan seluruh objek terpilih, selanjutnya ganti nama menjadi kerangka lalu kemudian pilihlah warna yang sesuai

  1. Langkah selanjutnya adalah pembuatan bantalan untuk kursi tersebut, pertama aktifkanlah extended primitives pada panel, pilih champerbox, kemudian pada top view buatlah objek champerbox1 dan aturlah parameter nilainya, length=50, width=50, height=10 dan fillet=2

  1. Kemudian buatlah bantalan kedua dengan menggunakan champer box dengan nilai parameter length=60, width=50, height= -10 dan fillet=2, lalu kemudian rotasi objek tersebut dengsn select an rotate tool, ubahlah nilai X=80. Kemudian pindahkanlah objek dengan menggunakan move tool, agar sesuai dengan kerangka kursi


  1. Ulangi langkah no.5 untuk menyatukan objek champerbox, kemudian beri nama bantalan, dan ubahlah warna sesuai dengan kehendak anda hingga hasil akhirnya seperti dibawah ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar